Bajuguehalal.com: Belajar Mencintai Islam & Indonesia

Oleh: Deris Yudistira, Mahasiswa Manajemen UIN SGD Bandung.

 

Sebagai muslim indonesia kita wajib untuk memiliki, menjaga dan menunjukan rasa kecintaan terhadap negara dan agama kita. Menunjukan rasa cinta terhadap negara dan agama ini bukan hanya tugas segelintir orang saja, bukan hanya tugas pemerintah atau para ulama, tetapi kita semua yang mengaku sebagai muslim dan berkebangsaan indonesia. Setiap orang tentunya memiliki latar belakang yang berbeda tetapi bukan berarti ini menjadi sebuah penghalang, kita bisa menunjukanya dengan cara kita sendiri selagi itu masih positif dan tidak melanggar batas-batas aturan dan norma.

Salah satu anugrah dan kesempatan berharga yang Allah berikan dalam kehidupan saya yaitu bisa bergabung dengan Kawan-kawan dari Forum Negarawan Muda dimana saya bisa berjumpa dengan kawan-kawan aktivis mahasiswa dari hampir seluruh universitas di Indonesia, mereka adalah orang-orang yang luar biasa yang pernah saya kenal, mereka adalah Leader dan para calon pemimpin bangsa ini. Saya banyak belajar dari mereka dimana setiap dari mereka memiliki kelebihan masing-masing yang unik dan berbeda akan tetapi mereka memiliki berbagai kesamaan yakni mereka sama-sama mencintai negara ini, mereka sama-sama mencintai Islam.

Dari sana juga terbentuklah sebuah tim yang diberi nama “ Bung Tjokro “ nama tersebut terinspirasi dari salah satu tokoh besar bersejarah yaitu Tjokro Aminoto. Bersama Leader dan para anggotanya Bung Tjokro tumbuh menjadi sebuah Tim yang memiliki jiwa muda yang ekspresif dan kreatif akan tetapi tetap dengan keseriusan dan semangat keindonesianya. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa untuk menunjukan rasa kecintaan terhadap agama dan negeri ini setiap orang memiliki caranya tersendiri begitu pula kami. Kami menunjukan rasa kecintaan kami melalui sebuah project Social Preneur dengan menggagas Brand Baju Gue Halal, sesuai dengan namanya brand ini bergerak di bidang Creatif Clothing dengan Target market utama yaitu Young Moslem di Indonesia. Kami memilih target market ini karena memiliki market share yang sangat luas dan potensial, selain itu juga kami memiliki tujuan lain yaitu karena anak muda atau pemuda memiliki peranan yang sangat penting terhadap kemajuan bangsa ini, seperti yang telah dipaparkan oleh banyak tokoh terkemuka, diyakini indonesia akan berada di deretan 5 besar negara termaju di tahun 2045 dan salah satu faktor pendukungnya yaitu bonus demografi yang dimiliki oleh indonesia. Dimana Indonesia nanti akan dipernuhi oleh orang-orang produktif atau para pemuda.

Namun banyaknya pemuda saja tidak menjamin, Indonesia perlu para pemuda yang berkualitas dengan semangat mencintai negeri ini.Oleh karena itu Melalui brand ini kami mencoba mengedukasi dengan menyampaikan pesan-pesan yang mengandung nilai-nilai islami dan nasionalisme yang dikemas secara apik dan kreatif. Diharapkan para pemuda yang memakai brand baju gue halal selain bisa tetap tampil trendy juga lambat laun tertanam nilai-nilai yang disampaikan dalam desain-desainya, bukan hanya itu diharapkan juga kawan-kawan lain yang melihat bisa ikut terinspirasi. Mungkin kita pernah atau bahkan sering melihat kaos-kaos yang dipakai oleh remaja atau para pemuda dengan desain yang isinya kata-kata yang kurang layak, kasar dan kita yang melihatnya pun agak risi dan ditakutkan kata-kata tersebut dapat merusak image, moral dan kepribadian para pemuda indonesia. Sudah kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk saling nasehat-menasehati dalam kebenaran akan tetapi kita harus pandai dalam memberikan nasehat kepada orang lain bukan dengan gertakan apalagi kekerasan, tetapi dengan cara yang lembut dan kreatif sehingga siapapun tidak merasa sedang dinasehati. Tidak semua orang adalah pen-Da’i, tidak semua orang jago berdakwah diatas mimbar akan tetapi semua muslim memiliki kewajiban untuk berdakwah apapun status dan profesinya, kita harus menyampaikan walaupun hanya satu ayat. Tetapi berdakwah tidak harus selalu diatas mimbar, kita bisa melakukanya dimanapun dalam media apapun dan dengan cara yang kita bisa lakukan, contoh kecilnya kita bisa menulis status fb dengan kata-kata positif, Inspiratif dan bermanfaat untuk kawan-kawan yang nanti membaca status kita, Memakai kaos yang mengandung pesan-pesan islami pun itu bagian dari dakwah, atau dengan cara lainya.

Baju gue halal juga bisa di bilang mulai mengarah kepada konsep Marketing 3.0 yaitu sebuah konsep yang digagas oleh Hermawan Kartajaya seorang Bengawan Marketing ternama di Asia, yang menurut beliau ini merupakan sebuah Konsep Marketing Ala Rasulullah. Dimana perusahaan kini bukan hanya melihat konsumen sebagai seseorang yang rasional dan emosional, akan tetapi juga melihat konsumen secara holistik dimana konsumen memiliki Mind, Heart dan juga Spirit. Dan juga objek perusahaan bukan hanya sekedar menjual produk atau memuaskan dan membuat konsumen loyal akan tetapi Membuat Dunia Lebih Baik. Begitu pula Baju Gue Halal mendonasikan sebagian besar dari keuntungan setiap pejualan per-bajunya bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Karena tujuan kami bukan hanya sekedar menjual produk demi mendapatkan keuntungan akan tetapi ingin memiliki peran dalam membantu mensjahterakan masyarakat dan juga menanamkan nilai – nilai agar kita semua khusunya para pemuda belajar mencintai agama dan juga negaranya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *