Krisis Ekonomi dan Indonesia Bangkit

Oleh : Reni Tri Isromiyah (Akuntansi Universitas Gunadarma)

 

Indonesia merupakan Negara agraris dan Negara kepulauan yang kaya dengan makanan laut dan tanahnya yang subur, maka saya yakin bahwa terdapat kekurangan makanan di berbagai daerah karna gagal panen tetapi masyarakat kita secara keseluruhan tidak mengalami bahaya kelaparan.

Iklim tropis sepanjang tahun tidak akan membuat mati kedinginan seperti Uni Soviet , Korea dan Negara lainnya yang dapat membuat orang menjadi brutal/ militan demi mempertahankan hidupnya.Krisis ekonomi Indonesia lebih dirasakan oleh sebagian besar penduduk perkotaan yang sudah terbiasa gaya hidupnya boros.

Melihat banyaknya penduduk Indonesia, walaupun ada tuntutan biaya tinggi memenuhi standar kehidupan mereka dan tingkat pegangguran relatif tinggi, tetapi dengan adanya kucuran dana dari pemerintah ke dalam jaringan pengamanan sosial,maka tidak akan membahayakan stabilitas kehidupan sosial secara nasional.

Pada tahun 2030 kita akan mengalami yang namanya bonus demografi yaitu bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. saat ini Indonesia mengalami bonus demografi ini dikarenakan proses transisi demografi yg berkembang sejak beberapa tahun yang lalu.

Akan tetapi usia produktif ini apabila tidak berkualitas malah akan menjadi beban negara, oleh karena itu mari kita tingkatkan wajib belajar 12 tahun, lakukan pembinaan pola asuh & tumbuh kembang anak melalui posyandu dan PAUD, peningkatan usaha ekonomi keluarga, pokoknya_ peningkatan segala bidang agar SDM kita mampu bersaing di dunia International

Ekonomi pembangunan mulai berkembang setelah Perang Dunia II.Pada waktu itu banyak sekali Negara – Negara Asia dan Afrika yang berhasil melepas diri dari belenggu penjajahan termasuk Indonesia karna ingin hidup lebih layak , bebas dan manusiawi.

Freeport adalah milik bangsa Indonesia baik ada didalamnya sampai orang-orang yang bekerja dalam freeport namun mengapa hal ini telah dikuasai oleh Negara asing ? Maka dari itu kita harus mampu mengukur produktivitas sumber daya alam , taat pada asas dan peduli.

Hampir 70 tahun Indonesia merdeka, saat ini bangsa kita di perbullykan oleh krisis ekonomi yaitu defisit, anjlok uang rupiah, eksport Negara dan Inflasi.Hal ini sering diangkat menjadi komoditas politik yang menyatakan bahwa pemerintah dianggap gagal bila tidak berhasil mengatasi masalah yang sensitif.

Inflasi dibutuhkan untuk memicu pertumbuhan penawaran agregat.Tingkat kesejahteraan masyarakat , sedehananya diukur dengan tingkat daya beli pendapatan yang diperoleh.

Inflasi menyebabkan daya beli pendapatan makin rendah khususnya bagi masyarakat yang berpenghasilan kecil terutama orang miskin akan menjadi miskin.Nilai tukar rupiah terhadap USD akan merusak daya tahan perekonomian bila suhu politik memuncak dan tidak adanya intervensi oleh Bank Indonesia.Dengan demikian sangat berpengaruh terhadap ekonomi global.

Apa penyebab rakyat marah dengan aksi-aksi pemerintah? Keinginan sebagai aktivis, maju berkelas dunia dan sejahtera. Lantas, bagaimana cara mensejahterakan dan memajukan Indonesia? Menanam bibit : KAMI NEGARAWAN MUDA !

Menjadi seorang negarawan yang mempunyai wibawa dan mimpi yang sesuai dengan Negara kita untuk menguasai ekonomi terbesar, isu yang perlu kita ketahui bahwa sistem pemerintahan perekonomian sebagai pemimpin penentu kebijakan.Bangunlah dan buktikan kita terlahir jadi pemimpin, ditentukan destinasi partai potik dan menjadi pemimpin yang dipimpin.

Pemimpin publik harus mencintai Indonesia menghasilkan research 5 strategi mewujudkan Indonesia mewujudkan impian Indonesia untuk menjadi kuasa ekonomi ke 5 besar dunia sebelum menjelang tahun 2030.

Impian pemimpin yang “ Real of the Box “ Revolusi mental Indonesia membutuhkan strategi strategis pembangunan ekonomi menguasai gagasan harus dikuasai dan dilaksanakan mekanisme pemerintah yang berani melakukan terobosan pemimpin yang melakukan jaminan kesejahteraan rakyat.

Membawa suatu perubahan menjadi Negara hebat , kuat mengenali gagasan hidup dan masa depan terjamin. Transferen: pemerintah bersahabat , sistem pemerintah konkrit dengan sesuatu kebijakan yang dilakasanakan tidak membebani rakyat.

Pusat perdagangan dunia: pembangunan pelabuhan Negara kepulauan terbesar di dunia yaitu Indonesia.Indonesia adalah salah satu anggota OPEC, namun sekarang sudah tidak menjadi OPEC lagi, maka tidak dapat menentukan harga minyak dunia.

Negara Cina merupakan Negara yang paling padat penduduknya dan budaya nasional tertua yang berkesinambungan cina bagian timur mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat. Cina dan Jepang sudah bersaing dari waktu ke waktu sejak lama bahkan menjadi ajang konflik dan Internasional.

Indonesia adalah kunci stabilitas ekonomi dan politik di kawasan Asia. Jadi , bila terjadi revolusi sosial dan perpecahan Negara ini, investasi dan perdagangan mereka di Indonesia dan kawasan Asia akan ikut hanyut.

Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa, infrastruktur yang telah terbangun dan kekayaan alam Indonesia berjumlah triliunan dolar AS melebihi jumlah utangnya, pada prinsipnya fundamental Indonesia masih sangat kuat.

Dengan daya tahan ekonomi Indonesia telah berhasil mereka lumpuhkan seperti sekarang, tidak ada jalan lain Indonesia mengandalkan bantuan pinjaman uang untuk pemulihan ekonomi. Jika kita melihat Amerika dan sekutunya masih merengek-rengek, bahkan tindakannya yang terkadang agresif bukan karna mereka berkeinginan mendorong terjadinya revolusi social atau perpecahan Negara RI, melainkan mereka mengupayakan agar tujuan sekelompok elit dari Negara mereka yang menguasai perdagangan dan industry vital, seperti lembaga keuangan, asuransi, pertambangan, kontruksi dan lain-lain.

Perekonomian di negara-negara Asia jatuh karna adanya kelemahan intern berupa kualitas manusia yang duduk sebagai pemimpin , keuangan , sistem perekonomian dan politik , kepastian hukum dan keadilan dan keamanan jaringan sosial.

Dengan berbagai kelemahan tersebut , Amerika akan dapat mencapai tujuan mereka di kawasan Asia dengan mudah . Selain itu , kecepatan proses pemulihan krisis ekonomi dan politik di Asia sekarang ini tidak terlepas dari sikap pemerintah Amerika.

Ekonomi, politik dan kehidupan sosial adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.Jika satu diantaranya tidak berfungsi dengan baik, maka dua lainnya akan menderita. Lumpuhnya kekuatan sosial politik di Indonesia belakangan ini adalah tidak hanya di sebabkan oleh faktor ekonomi namun berbagai bidang.

Dalam situasi perekonomian Negara yang sedang krisis serba susah seperti sekarang,mungkinkah kekuatan sospol dan hankam mampu bertahan? Mungkinkah kepercayaan dunia usaha akan pulih? Mengingat adanya ketersediaan alam yang berlimpah di Indonesia dan penduduknya yang banyak, maka harus ada pengelolaan SDM, sarana dan prasarana serta kelembagaan – kelembagaan ekonomi.

Negara kita tercinta ini akan menjadi salah satu bangsa dan negara terkaya di dunia, yang dapat berkontribusi besar terhadap peningkatan kualitas kehidupan manusia sedunia.Suatu Negara dikatakan makmur jika output perkapitanya sangat besar.Kemakmuran tidak akan tercapai tanpa pertumbuhan yang menuntut produktivitas.

Maka dari itu marilah kita sebagai generasi penerus bangsa berupaya untuk menjaga asset Negara dengan cara mengelolanya dengan baik dan jadilah pemimpin yang berintegritas sehingga dapat membawa Negara Indonesia menjadi Negara Maju.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *