Latihan Menjadi Seorang Master

flickr.com/photos/tedconference/16824967556/

Joey Alexander saat tampil di salah satu acara. Dokumentasi TED Conference

Oleh : Grienda Qomara

Kebutuhan akan para ahli di bidangnya bagi kemajuan sebuah bangsa begitu besar. Sebuah negara membutuhkan sumber daya manusia unggul yang dapat menjadi motor penggerak perubahan. Tidak hanya orang-orang yang memiliki pencapaian biasa sebagaimana umumnya, kemajuan sebuah bangsa harus diikuti individu-individu yang memiliki kepakaran dalam bidangnya. Uniknya kita hanya menemukan sedikit orang dengan performa kelas dunia. Orang-orang seperti Tiger Woods, Mozart, Bill Gates, Yoky Matsuoka, Temple Gardin, dan lain-lain adalah contohnya. Lalu bentuk latihan seperti apa yang membedakan mereka dengan orang-orang pada umumnya?

Geoff Colvin dalam bukunya yang berjudul Talent is Overrated: What Really Separates World Class Performer and Everybody Else menjelaskan hal ini. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa bakat tidak berpengaruh siginifikan terhadap pencapaian seseorang. Kecerdasan dan pengalaman juga tidak menjadi faktor utama keberhasilan seseorang. Lalu faktor apa yang membedakan mereka? Jawabannya adalah sebuah latihan yang disengaja atau deliberate practice.

Latihan yang disengaja adalah bentuk latihan yang memiliki beberapa karakteristik. Pertama adalah latihan ini di desain untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam suatu bidang. Latihan ini tidak hanya melakukan hal yang sama berulang-ulang dan bersifat sebagai rutinitas. Lebih dari itu, latihan yang disengaja menuntut seseorang untuk secara bertahap menguasai suatu kemampuan dasar hingga tingkat yang lebih sulit.

Kedua adalah sifatnya yang tidak menyenangkan karena melakukan hal yang sama berulang-ulang. Latihan yang disengaja menekankan pada penguasaan skill secara bertahap. Apabila belum bisa menguasai skill dasar tertentu dari sebuah bidang maka tidak diperkenankan untuk melatih skill selanjutnya. Seseorang harus memiliki ketahanan mental yang kuat untuk melakukan hal yang berulang-ulang hingga menguasainya.

Ketiga adalah sifatnya yang secara mental menantang. Mengapa disebut deliberative, karena latihan ini mengharuskan seseorang untuk secara konstan memiliki fokus dan konsentrasi maksimal ketika berlatih. Secara mental individu harus mampu menjaga konsistensi dan fokus pikirannya dalam berlatih. Latihan yang disertai dengan fokus dan konsentrasi akan meningkatkan hasil secara signifikan. Seseorang harus memiliki kesadaran yang tinggi dan proses metakognisi dalam melakukan latihan yang disengaja.

Keempat adalah pentingnya umpan balik dari seorang mentor atau guru. Latihan yang disengaja mengharuskan seseorang untuk memiliki mentor yang dianggap sudah ahli dalam bidangnya untuk mengamati hasil dan memberikan umpan balik dari latihan yang telah dilakukan. Hal ini dikarenakan seseorang yang berlatih tidak dapat mengamati dirinya sendiri ketika berlatih. Oleh karena itu proses latihan yang disengaja ini membutuhkan seorang mentor. Mentor juga dapat memberikan serangkaian tahapan dan porsi latihan yang proporsional kepada seorang pembelajar karena sudah menguasai bidang tersebut.

Keempat karakteristik latihan yang disengaja tersebut dapat diterapkan di semua bidang seperti olahraga, musik, ilmu, dan kemampuan lainnya. Apabila secara konsisten seseorang menerapkan latihan yang disengaja ini dalam proses pembelajarannya maka akan mendapatkan hasil yang siginifikan. Proses latihan yang disengaja ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Malcom Gladwell dalam bukunya yang berjudul Outliers mengatakan bahwa rata-rata seseorang membutuhkan 10.000 jam untuk mencapai tingkat ahli dalam suatu bidang. Sementara itu Robert Greene dalam bukunya yang berjudul Mastery mengatakan bahwa seseorang akan mencapai tahap kreatif-aktif dengan waktu latihan mencapai 10.000 jam. Apabila individu tersebut mampu mencapai waktu 20.000 jam maka akan mencapai tahap master dalam suatu bidang. [FNM]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *