Menjadi Pemimpin yang Keren

Oleh: Ryan Frizky.

“Pemimpin itu tidak dilahirkan, melainkan dibentuk”

Kalimat tersebut tidak aneh sekali di telinga kita. Betapa tidak karena Semua pemimpin didunia ini merupakan hasil bentukan. Di bentuk dengan tempaan kebaikan-kebaikan yang melatih diri menjadi lebih baik. Untuk menjadi seorang pemimpin yang keren, tentunya perlu ada karakter yang diterapkan pada seseorang agar ia bisa menjadi seorang pemimpin yang keren. Minimal ada empat karakter yang perlu diterapkan agar seseorang menjadi pemimpin yang keren.

Aktivis Pergerakan

Hanya belajar hardskill tidak cukup untuk membuat seseorang menjadi keren. Ia harus ditimpa dengan pembelajaran-pembelajaran kebaikan yang lain. Salah satu cara belajar pembelajarannya bisa didapat saat seseorang itu menjadi aktivis pergerakan. Aktivis pergerakan disini tidak berarti sempit hanya menjadi ketua organisasi kampus ataupun ekstra kampus, melainkan menjadi seorang anggota pun bisa disebut aktivis pergerakan.

Lantas aktivis seperti apa yang disebut aktivis pergerakan ? yaitu adalah mereka yang mempunyai ide-ide program, paradigma dan masterpiece baru untuk organisasinya. Dalam tingkatannya, aktivis pergerakan pun dibagi menjadi empat; (1) mengikuti organisasi, (2) menjadi ketua organisasi, dan (3) membangun organisasi.

Pada tataran pertama, walaupun ia hanya menjadi anggota selama ia mempunyai ide-ide baru untuk organisasinya, ia bisa disebut telah memiliki aktivis pergerakan. Pada tataran kedua yakni menjadi ketua organisasi. Ia baru bisa disebut aktivis pergerakan hingga ia bisa membuat para anggotanya menjadi seorang aktivis pergerakan juga.

Dalam hal ini, ketua organisasi adalah ia yang harus terus mendorong dan memfasilitasi anggotanya menghasilkan ide-ide dan masterpiece baru. Sedangkan level tertinggi seseorang yang disebut berkarakter aktivis pergerakan adalah ketika ia sudah bisa membangun organisasinya sendiri. Dalam hal ini ia berperan sebagai founder dari sebuah organisasi. Pengalaman-pengalamannya selama menjadi anggota dan ketua sebuah organisasi mendorong dan membawanya membangun sebuah organisasi yang berhasil.

 

Da’i Produktif

Sejatinya seorang pemimpin itu harus dekat dengan Tuhannya. Dalam konteks ini, minimal untuk menjadi seorang pemimpin yang keren, ia harus mempunyai hapalan qur’an, selalu terjaga shalat-shalat sunnahnya, puasa-puasa sunnahnya, dan selalu mensedekahkan harta-hartanya.

Menjadi da’i produktif pun ada tingkatan-tingkatannya. Tingkatannya yakni (1) belajar melakukan amalan yaumiyah, (2) melaksanakan amalayan yaumiah dengan konsisten, dan (3) mampu mengajarkan keteladanan beramalan yaumiyah kepada lingkugan sekitarnya

Mahasiswa Berprestasi

Seorang pemimpin tentu tidak akan melupakan aspek prestatifnya. Aspek ini meliputi kemampuan akademik dan nonakademik seseorang. Seberapa seimbang kemampuan hardskill dan softskill seseorang dalam memimpin.

Aspek ini sangatlah penting dalam proses menjadi pemimpin yang keren karena sejatinya pemimpin yang keren adalah pemimpin yang bisa terus memberikan inspirasi-inspirasi untuk lingkungan sekitarnya sehingga lingkungan sekitarnya pun ikut terinspiras.

Dalam konteks ini, seseorang dituntut untuk menggunakan konsep “ berada dimana-mana, tapi tidak kemana-mana”. Maksudnya adalah ide-ide prestasinya berada dimana-mana, tapi ia tetap konsisten di tempat ia berada. Nama dan prestasinya bisa kita kenal dimanapun kita berada, namun orangnya tetap berada di satu tempat. Ide-idenya lah yang bergerak

Kekeluagaan dan Kebersamaan

Selain harus berkarakter aktivis pergerakan, da’i produktif, dan mahasiswa berprestasi. Seorang pemimpin yang keren pun harus mempunyai karakter kekeluargaan dan kebersamaan. Maksudnya dalah bahwa pemimpin harus mempunyai rasa solidaritas yang tinggi kepada para anggotanya, tidak hanya menganggap anggotanya sebagai bawahan melainkan sebagai keluarga.

Dengan kolaborasi keempat karakter tersebut. Setiap orang bisa menjadi pemimpin yang keren.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *