Pemuda-Pemudi Makassar di Hari Kusta Internasional

AoA2RVcF87CqiiqBdShK3-OZXJcrE9J396E9XaSm-T_j
Bertempat di Karebosi Park, pemuda-pemudi Makassar yang tergabung dalam beberapa komunitas yang peduli terhadap penyandang disabilitas kusta dan eks kusta mengundang para pegiat komunitas dan masyarakat untuk ikut serta andil dalam peringatan Hari Kusta Internasional melalui social project acara Charity Human Banner di Kota Makassar, Minggu (24/1/2016).

Beberapa komunitas ikut aktif dalam mengajak masyarakat luas khususnya untuk peduli terhadap penyandang disabilitas kusta dan eks kusta. Forum Negarawan Muda salah satunya. Melalui perwakilan daerah Forum Negarawan Muda di Makassar, Forum Negarawan Muda ikut menyuarakan kepeduliannya terhadap penyandang disabilitas kusta dan eks kusta.

Acara ini sendiri merupakan sebuah aksi besar untuk mempublikasikan produk usaha milik penyandang disabilitas eks kusta dan wujud peduli terhadap mereka yang dikucilkan. Kelompok pemuda-pemudi ini berniat agar stigma negatif terhadap penderita kusta dapat berkurang. Kegiatan ini juga menjadi akses sebagai jembatan untuk menyatu dengan masyarakat luar agar dapat merasakan kehidupan sebagaimana mestinya tanpa harus ditempatkan pada ruang kehidupan lokalisasi, penyerataan dalam bekerja, dan diterima dengan semestinya.

Karena masih banyaknya stigma negatif untuk penyandang kusta. Sudah menjadi momok yang lazim didengar jika seseorang menderita kusta maka ia akan pergi menjauh dari lingkungan sekitarnya, tak ingin jika orang lain tahu, ataupun mencari suatu tempat yang tidak dihuni oleh siapapun dan bahkan ia bisa jadi menghilang dari keluarga. Hal ini yang mengakibatkan si penderita kehilangan kepercayaan diri, semangat, dan perasaan sangat sensitif dalam dirinya. Orang-orang yang tergolong menderita kusta harus mendapatkan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat khususnya dan juga para pemerhati sosial yang peduli terhadap penyandang disabilitas agar mereka tidak dikucilkan dan dapat diberdayakan. Pemberdayaan dapat dilakukan dengan melihat kemampuan dan kapasitas mereka seperti menyediakan pelatihan kerajinan, membangun social enterprise, dan penyambung aspirasi ke pemerintah agar mereka mendapat perhatian serius.

Dengan diperingatinya Hari Kusta Internasional oleh berbagai komunitas di Makassar melalui acara Human Charity Banner, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat luas, pemerintah dan pegiat komunitas untuk lebih bershabat dengan penderita kusta dan eks kusta serta mengakui keberadaan para penderitanya agar dapat lebih diterima di kehidupan bermasyarakat tanpa adanya pengecualian dan pengucilan. (FW)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *