Pernyataan Sikap Forum Negarawan Muda Terkait Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Etnis Rohingya

*Pernyataan Sikap Forum Negarawan Muda Terkait Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Etnis Rohingya*

“Betapa berat rasa di hati, ketika kami menyaksikan bencana yang mencabik-cabik umat ini, sementara kita hanya menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan”
(Hasan Al-Banna)

Bumi manusia kembali menangis, kala nurani tak lagi terpanggil, kala logika tak lagi logis. Hari ini, ribuan nyawa telah terenggut dan jutaan nyawa menggigil takut. Para penguasa itu berkata bahwa mereka ilegal dan harus dibersihkan dari bumi Myanmar. Mereka menyebut kaum ilegal itu etnis Rohingya. Telah banyak informasi dan bukti nyata bahwa etnis Rohingya telah diperlakukan tak manusiawi. Sungguh, ini tak lagi tentang politik, ekonomi, apalagi agama semata, tapi ini tentang kemanusiaan.

Atas kejadian tersebut, kami, Forum Negarawan Muda menyatakan sikap:

1. Mengecam keras tindakan dari pihak-pihak yang terlibat dalam penyerangan, penindasan, dan pembantaian terhadap etnis Rohingya.
2. Mendesak Pemerintah dan Militer Myanmar untuk segera menghentikan penyerangan, penindasan, dan pembantaian terhadap etnis Rohingya.
3. Meminta Presiden Joko Widodo beserta jajaran pemerintahan Indonesia, Negara ASEAN, dan PBB untuk segera turun tangan mendesak Pemerintah Myanmar agar menghentikan tindakan kejahatan brutalnya terhadap etnis Rohingya.
4. Mengajak seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai elemen untuk turut mendoakan keselamatan etnis Rohingya serta memberikan bantuan baik secara moral dan materil kepada etnis Rohingya. Semoga Allah membalas dengan sebaik-baiknya balasan.

“Dan jangan sekali-kali kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, sebenarnya mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki” (Ali-Imran : 169)

Semoga Allah berikan kekuatan kepada saudara kita Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

___________________
Jakarta, 7 September 2017

Ketua Umum
Arif Suhendar

– Atas nama *Forum Negarawan Muda*

 

FNM11

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *