Selayang Pandang Komunitas JYSM (Jember Youth Social Movement)

logo lite

Jember Youth Social Movement merupakan sebuah gerakan anak muda Jember yang berfokus di bidang sosial masyarakat. Pemuda-pemuda Jember ini berasal dari berbagai elemen, berbagai kampus, dengan latar belakang dan keilmuan yang beragam. Namun keseluruhan adalah putra daerah dari Jember maupun pemuda yang berdomisili di Kabupaten Jember. Komunitas ini dirintis sejak bulan Agustus 2015 dengan nama awal komunitasnya yaitu ‘Jember Menginspirasi’. Di bulan Agustus pula, komunitas ini mengikuti kegiatan tahunan di Kabupaten Jember yaitu TAJEMTRA, yang merupakan gerak jalan tradisional dari Kecamatan Tanggul ke Kabupaten Jember dengan jarak tempuh kurang lebih 30 km. Bertepatan dengan momentum PILKADA 2015, dalam gerak jalan TAJEMTRA itu pun Komunitas ini melakukan hal unik yaitu mengkampanyekan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember untuk tahun 2030 dari anggota Komunitas. Tujuannya adalah membangkitkan semangat para kaum muda Jember untuk peduli tentang masa depan Kabupatennya dan mengajak agar kaum muda melek terhadap politik. Kemudian pada bulan Oktober Komunitas ‘Jember Menginspirasi’ diundang oleh Pejuang KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Jember untuk mengisi sharing session tentang pentingnya pendidikan dan tips mengelola waktu yang baik.

Di tahun 2016 ini komunitas mencoba untuk melakukan ekspansi, dan mengumpulkan para pegiat-pegiat dari Kabupaten Jember. Tak terasa mahasiswa asal Jember yang berkuliah di luar kota seperti UGM, ITS, ITB, UI , IPB, UB, dan lain sebagainya pun turut bergabung mewujudkan cita-cita besar untuk mengabdi di tempat kelahiran. Maka komunitas ini mengubah namanya menjadi JYSM (Jember Youth Social Movement).

Pada tanggal 17 Januari 2016, komunitas JYSM diundang sebagai Juri dalam Pekan Karya Siswa Wringin Agung (PEKA), yaitu sebagai juri lomba puisi. Kegiatan PEKA itu diinisiasi oleh Ikatan Mahasiswa Wringin Agung (IMW). Komunitas ini bisa dibilang unik, karena memiliki sumber daya yang beragam latar belakang sehingga menjadikan komunitas ini multitalented.

rentang v2Sebagai wujud nyata komunitas JYSM dalam pembinaan daerah tertinggal di Kabupaten Jember, komunitas ini bekerja sama dengan BEM POLIJE (Politeknik Negeri Jember) mengadakan program kampong mitra di desa payangan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Desa ini terkenal dengan kampong nelayan, namun tak hanya hasil tangkapan ikan saja yang berpotensi, tapi juga di pantai payangan ini berpotensi menjadi hutan bakau atau mangrove. Dengan membawa cita – cita “dari ekonomi masyarakat payangan, menuju ekonomi masyarakat ASEAN”, komunitas JYSM siap mengawal peningkatan kesejahteraan masyarakat desa payangan sisi timur. Sehingga nantinya, pusat wisata mangrove pun bisa dilihat di desa payangan ini, sesuai tagline kami ‘Payangan Tak Cuma Nelayan!’. Dan salah satu project saat ini yaitu RENTANG Project (Resik Tandang Gawe Pantai Payangan) yang akan dilaksanakan esok (24/01/2016). [FNM]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *